Minggu, 28 Desember 2008

All about France,, do i like ?

Bekerja di Prancis selama menempuh studi 

Setiap mahasiswa asing memiliki hak untuk bekerja di Prancis selama menempuh studinya dari sejak dia terdaftar di perguruan tinggi Prancis, memiliki asuransi kesehatan, dan kartu ijin tinggal sementara. 

Mencari tambahan pemasukan ketika kita mahasiswa merupakan hal yang sangat lumrah. 

Penting untuk diketahui ! Bekerja paruh waktu di Prancis tidak dapat mencukupi semua kebutuhan, karena gaji yang didapat tidak sebesar upah minimum rata-rata. 

Hak ini berlaku untuk semua mahasiswa, termasuk untuk mereka yang datang ke Prancis untuk pertama kalinya atau yang terdaftar di tahun pertama perguruan tinggi Prancis. 

Di Prancis, setiap orang bekerja sekitar 35 jam per minggu tiap tahunnya. Mahasiswa asing diperbolehkan bekerja selama 822,5 jam per tahun. Hal ini bisa berupa bekerja paruh waktu (17 jam/minggu) atau bekerja penuh waktu untuk periode 3 bulan baik berturut-turut maupun tidak. Mahasiswa dapat bekerja lebih lama (20 bahkan 25 jam per minggu), tetapi lama periode ATP/Ijin Kerja Sementara (lihat keterangan di bawah) akan dikurangi. 

Di Prancis berlaku juga upah minimum rata-rata yang jumlah kotornya mencapai 8,27 euros/jam (artinya setelah pemotongan pajak 20 %). 

Setelah mendpatkan kontrak kerja atau perjanjian kerja dari sebuah perusahaan, mahasiswa yang tidak berasal dari Uni Eropa atau wilayah zona ekonomi Eropa harus mendapatkan ATP/Ijin Kerja Sementara melalui kantor-kantor resmi ketenagakerjaan (Kantor Wilayah Ketenagakerjaan) 

Bekerja di Prancis setelah studi selesai 

Setelah studi Anda berakhir, Anda dapat direkrut oleh salah satu perusaahn Prancis walaupun Anda bukan warga negara Uni Eropa. 

Anda harus mengurus perubahan status (dari mahasiswa menjadi pegawai), dan untuk itu Anda harus menempuh sebuah prosedur khusus. 

Informasi penting mengenai penyusunan berkas-berkas permohonan untuk diserahkan ke Balai Kota bisa Anda dapatkan melalui Kantor Komisariat Polisi terdekat sesuai dengan tempat tinggal Anda. 

Anda harus menunjukan kontrak kerja atau surat penawaran kerja yang dikeluarkan oleh perusahaan Prancis. 

Dalam hal pemberian ijin atas permohonan Anda, pihak yang berwajib akan mempertimbangkan beberapa kriteria, seperti alasan perusahaan mempekerjakan Anda, profil Anda atau lama masa studi yang telah Anda lalui. 

Ketika permintaan Anda dikabulkan (dan itu tidak otomatis) maka kartu ijin tinggal sementara untuk « pegawai » akan dikirmkan kepada Anda. 

Les Centres régionaux des œuvres universitaires et scolaires – CROUS/ Pusat Kegiatan Universitas dan Sekolah Daerah, memberikan informasi lowongan pekerjaan di setiap propinsi di Prancis untuk mahasiswa.......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar